Kisi Kisi Nasionalisme

The American Revolution 1775 and The French Revolution 1789

Ketigabelas koloni bersatu (New Hampshire, Massachusetts, Rhode Island, Connecticut, New York, New Jersey. Pennyslvania, Delaware, Maryland, Virginia, North Carollina, South Carolina dan Georgia) dan berusaha melepaskan diri dari cengkraman kolonialisme Inggris.

Rakyat jelata dan bangsawan rendahan memberontak terhadap kekuasaan mutlak raja Louis XVI yang telah membuat bangkrut negara dengan slogan Liberte, Egalite at Fraternite. (Kebebasan, Persamaan dan Persaudaraan) Tokoh Revolusi Robespierre, Marat, Danton, Mirabeau.

West Nationalism and East Nationalism

Nasionalisme Barat berasal dari perlawanan melawan kekuasaan mutlak raja dan berusaha menggantikan kekuasan kerajaan atau mengganti menjadi republik dan monarkhi konstitusional.

Nasionalisme Timur berasal dari perlawanan melawan kolonialisme terutama Barat yang terjadi di Asia, Afrika dan Amerika.

Nationalism of the Past and Nationalism of the Now

Nasionalisme Masa Lalu dimaksudkan untuk memperoleh kemerdekaan serta melepaskan dari cengkraman kolonialisme atau mempertahankan kemerdekaan

Nasionalisme Masa Kini dimaksudkan untuk mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan keinginan sebuah bangsa untuk mendirikan sebuah negara.

Malaysia Nationalism and Indonesia Nationalism

Untuk memperoleh kemerdekaan, Malaysia memperoleh kemerdekaan secara damai dari kolonialisme Inggris

Untuk memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan, Indonesia melakukan melalui pemberontakan-pemberontakan dan revolusi nasional.

Thailand Nationalism and Vietnam Nationalism

Thailand adalah negara Asia yang tidak pernah dijajah dan kerajaan Thailand berusaha mempertahankan kemerdekaannya melalui diplomasi dan modernisasi.

Vietnam sebagai negara jajahan berusaha melepaskan diri dari cengkraman kolonialisme Perancis.

Java and Chinese Nationalism in Indonesia

Nasionalisme Jawa sebagaimana tercermin dalam Budi Utomo lebih bersifat kultural ketimbang politik.

Nasionalisme Tionghoa semula berifat kultural kemudian beralih menjadi politik dengan adanya gerakan revolusioner di Tiongkok.

Malayan Nationalism and Arabian Nationalism

Adanya usaha penyatuan rumpun melayu yang berada di Indonesia, Malaysia, Philipina dan Thailand dalam sebuah negara tempo dulu tetapi tidak berhasil

Adanya usaha penyatuan bangsa Arab yang berada di Asia dan Afrika tempo dulu tetapi tidak berhasil dan kemudian didirikan Liga Arab, sebuah organisasi regional Arab.

Zionism and Hindu Nationalism

Zionisme semula dimaksudkan sebagai tersebar agama dan kebudayaan Yahudi ke seluruh dunia kemudian beralih menjadi keinginan untuk menciptakan tanah air bagi bangsa Yahudi di Palestina.

Nasionalisme Hindu dimaksudkan agama Hindu memberikan satu alat pemersatu bagi kaum nasionalis India dengan menggunakan simbol-simbol agama dan mengubah ritus mitos untuk melayani tujuan-tujuan politik mereka.

Economic Nationalism and Cultural Nationalism

Penguasaan ekonomi nasional oleh bangsa sendiri,di mana usaha yang melibatkan hajat orang banyak dimliki negara.

Sebuah bangsa mempunyai kewajiban untuk melestarikan warisan kebudayaan yang dimiliki sehingga kepribadian bangsa tetap terjaga

Sriwijaya and Majapahit in Nationalism

Menyangkut kenang-kenangan akan keagungan kebudayaan masa lalu, seperti misalnya Sriwijaya (Abad ke 9)yang sudah menjadi pusat pendidikan internasional agama Budha Perbatasan geografis wilayah nasionalisme Indonesia tidak hanya ditentukan oleh perbatasan wilayah pengawasan politis Belanda, tetapi dalam tahap tertentu, dilakukan oleh kerajaan Majapahit pada abad ke 14.

Old Imperialism and Modern Imperialism

Imperialisme yang dilakukan oleh Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang tempo dulu untuk menguasai ekonomi bangsa lain dengan memerlukan tanah jajahan.

Imperialisme yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Perancis, China dan Jepang sekarang untuk menguasai ekonomi bangsa lain tidak memerlukan tanah jajahan tetapi menciptakan ketergantungan ekonomi.

Economic Imperalism and Culture Imperialism

Keterlibatan sebuah negara dalam kegiatan ekonomi negara lain dan sampai dengan tahap tertentu kedaulatan negara yang tercampuri menjadi berkurang.

Memaksakan suatu ideologi yang berbeda atas peradaban yang berlainan terhadap masyarakat lain tanpa kehendaknya.

British Colonialism and Dutch Colonialism

Pada dasarnya Inggris adalah negara dengan sumber daya alam melimpah, ia memerlukan koloni sebagai pasar. Untuk itu masalah pendidikan menjadi prioritas agar penduduk bisa pandai dan mempunyai daya beli.

Pada dasarnya Belanda adalah negara dengan sumber daya alam minim, ia memerlukan koloni sebagai tempat mengambil bahan mentah. Untuk itu masalah pendidikan diabaikan.

 

Klik Selengkapnya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s